Contoh Makalah Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Belajar Siswa
CLICK HERE > https://tinurll.com/2tpewg
Contoh Makalah Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Belajar Siswa
Namun demikian, dengan perkembangan dan kemajuan IPTEK pun disatu sisi kita merasa gembira karena kita dapat mengakses informasi dalam waktu yang relatif singkat dengan biaya yang murah, tetapi disisi lain sangat memerihatinkan karena kemajuan IPTEK semacam ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi generasi muda kita khususnya para pelajar lebih-lebih bilamana tidak diimbangi dengan pembinaan baik oleh para guru, orang tua, masyarakat, serta pelajar itu sendiri. Sebagai contoh; dengan adanya perkembangan dan kemajuan IPTEK yang sedemikian canggih di bidang telekomunikasi khususnya handphone. Dengan handphone yang melalui fitur-fitur lengkap membuat pelajar mampu mengakses informasi yang ada di seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat dan hampir bersamaan serta dengan biaya yang relatif murah sehingga dapat membantu sisa dalam mengakses informasi yang berhubungan dengan materi- materi pembelajaran yang diberikan di sekolah alhasil prestasi belajar pelajar dapat meningkat. Namun di lain pihak, handphone pun dapat menimbulakan dampak negatif terhadap prestasi belajar pelajar. Hal ini dikarenakan penyalahgunaan penggunaan handphone oleh para pelajar sehingga handphone juga dapat membuat prestasi sebagian pelajar menurun.
Penggunaan handphone dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh terutama dalam mencari informasi, sehingga para siswa selalu melibatkan handphone dalam proses belajar. Namun, penggunaan handphone memberikan dampak negatif juga positif bagi pelajar, tentu dapat membantu juga dapat merugikan siswa.
1. Konsentrasi belajar menurun karena siswa hanya mementingkan handphone daripada belajar Terutama bagi mereka yang selalu bermain game, maka siswa hanya akan bermain game terus tanpa memperhatikan penjelasan guru terutama pada pelajaran yang kurang pengawasan dari guru yang sedang mengajar.
2. Siswa disibukkan dengan mengangkat telpon, terutama jika ttelepon itu dari orang tua padahal sedang dalam proses belajar-mengajar, sehingga sering terjadi perdebatan guru dan siswa tentang hal tersebut.
Ada banyak faktor pendukung yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap hasil belajar peserta didik salah satunya adalah penggunaan gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan dan berketergantungan memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar. Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan oleh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Kemudian hipotesis pada penelitian ini berbunyi terdapat pengaruh antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya assosiatif. Peneliti memilih SD Negeri 12 Banda Aceh sebagai tempat berlangsungnya penelitian, dan populasinya sebanyak 67 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik sampling purposive dimana sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada responden. Penggunaan angket dalam penelitian ini si peneliti memilih angket jenis langsung dan tertutup dengan pengukuran menggunakan skala Likert. Selanjutnya, untuk melihat pengaruh kedua variabel dilakukan uji regresi sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi product momen. Berdasarkan hasil pengolahan data pada uji analisis regresi sederhana diperoleh = 46.704 + 0,397x. Dari data tersebut dapat dijelaskan bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 0,397. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji hipotesis juga mengatakan bahwa ditemukan pengaruh yang positif. Hal ini dapat dilihat dari perolehan (0,555) > (0,374), maka diterima dan di tolak. Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh.
Dengan handphone yang melal
- +